Rabu, 20 November 2013

Apakah Olah Raga Malam Sama Sehatnya Dengan Olah Raga Pagi

Beberapa orang yang disibukkan dengan pekerjaannya di waktu pagi hari sehingga memilih olah raga di waktu malam. Pertanyaannya, apakah olah raga di malam hari, sama sehatnya dengan olah raga di pagi hari?

Menurut ahli kesehatan olah raga dari rumah sakit Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO, setiap orang memiliki jam tubuh yang berbeda-beda. Ada yang saat matahari terbit, tubuhnya bekerja dengan baik tetapi menjadi loyo saat malam, dan sebaliknya ada "manusia malam".

"Jam tubuh akan terganggu bila melakukan olah raga di luar jam tidur. Tapi kalau sudah terbiasa(olah raga malam) ya tidak masalah." Kata dr. Michael dalam perbincangannya dengan detikhealth, rabu (26/12/2012)

Menurutnya, olah raga pagi atau malam sebenarnya sama saja. Karena yang penting orang tersebut sudah mau bergerak menjadikan badannya lebih sehat

"Untuk orang yang sibuk bisa melakukan olah raga aerobik atau kardio. Misalnya jalan cepat, kalau pagi-pagi agak sulit karena waktunya terbatas, bisa sore keliling komplek." ucap dr Michael memberi saran.

Bagi yang tidak bisa berolahraga di pagi hari, aktivitas fisik bisa dilakukan setelah makan malam. Ambilah jeda beberapa saat setelah makan malam untuk berolah raga agar bisa membantu proses pencernaan

"Tidak perlu latihan beban. Kalau mau pakai beban tubuh sendiri seperti sit up, push up,back up. Tanpa harus pakai beban (barbel)" ujar dr Michael.

Bagi orang yang super sibuk, malam hari bisa jadi satu-satunya waktu luang untuk berolahraga. Lantas apa saja manfaatnya bila melakukan olahraga di saat matahari sudah terbenam ini?

"Secara teoritis, otot lebih siap (bila berolahraga di malam hari)," jelas Dr Michael Triangto. Bila otot lebih siap, artinya bagi orang yang melakukan olahraga untuk pembentukan otot, olahraga di malam hari lebih bermanfaat ketimbang olahraga pagi atau sore hari. Walau demikian, Dr Michael menuturkan pada kenyataannya secara hasil tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembentukan otot pada olahraga malam dan pagi hari.

Untuk manusia malam yang lebih segar dan lebih semangat melakukan aktivitas di malam hari, olahraga di malam hari juga bisa memberikan manfaat lebih. Selain membuat tubuh lebih sehat dan segar, olahraga di malam hari juga dapat membantu mengatasi kesulitan tidur seperti insomnia, asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh.

"Apapun juga aktivitas fisik bisa memberikan dampak positif juga bisa negatif. Kalau olahraganya tepat, menggunakan ukuran denyut jantung, maka bisa mengobati insomnia, tidur lebih cepat," tutur Dr Michael.

Namun sebaliknya, bila olahraga malam dilakukan secara berlebihan tanpa memperhatikan kemampuan tubuh, maka aktivitas yang seharusnya sehat malah membuat tubuh dehidrasi dan sulit tidur. Hal ini karena pembakaran kalori berlebihan yang mengakibatkan tubuh panas dan berkurangnya cairan tubuh.

"Benar bisa mengobati insomnia bila waktunya tetap diperhitungkan. Minimal 2 jam sebelum tidur dan banyak minum air agar proses pendinginan lebih cepat," tutup Dr Michael.

(detik health)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar